Senin, 16 Januari 2012

Hikmah Shalat Fajar

Shalat fajar merupakan shalat sunnah sebelum subuh yang dikerjakan dua rakaat. adapun hikmah shalat fajar yaitu lebih baik atau lebih disukai daripada dunia dan seisinya. sebagaiman Rasulullah SAW bersabda :
“Dua raka’at fajar lebih baik daripada dunia dan segala yang ada dalamnya” dalam riwayat lain “Lebih aku sukai daripada dunia seisinya” (HR. Muslim)



Jadi, shalat fajar memiliki hikmah yang amat begitu besar dan merupakan shalat sunnah yang menjadi kebiasaan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Karena Rasulullah SAW tidak pernah tertinggal shalat fajar, beliau bersabda : “dari Aisyah Radhiyallahu Anha, ia berkata, ‘Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak pernah meninggalkan empat rakaat sebelum Dzuhur dan dua rakaat sebelum subuh’.” (HR. Al-Bukhori)

Sekarang kita semua sudah mengetahui hikmah shalat fajar yang terkandung didalamnya, untuk itu marilah kita bersama-sama berusaha untuk mengerjakan shalat fajar sebisa mungkin.

Meskipun shalat fajar ringan dikerjakanya namun berat timbanganya. Jadi apa yang dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam apalagi yang menjadi kebiasaan Beliau, tentu sangat baik bagi kita untuk mengerjakannya.

Demikianlah hikmah shalat fajar, semoga kita tetap istiqomah dalam menjalanakan shalat sunnah ini dengan ikhlas dan mengharap Ridho Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar